Monday 1 December 2014

# cerita

Desa Binaan, Kepedulian PENS Terhadap Masyarakat

Desa Binaan PENS adalah salah satu program kerja dari Kementrian Sosial Masyarakat BEM PENS sebagai wujud kepedulian mahasiswa terhadap permasalahan di masyarkat guna membangun dan mengembangkan desa-desa yang tertinggal. Program tahunan mahasiswa yang rutin dilaksanakan ini berlangsung selama dua hari, sejak tanggal 22 sampai 23 November 2014.
Dengan mengusung tema ‘Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa demi Terwujudnya Masyarakat yang Mandiri’, Desa Binaan PENS untuk tahun ini  memiliki sasaran utama yaitu Desa Katol Barat, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan. Desa Katol Barat merupakan salah satu desa pedalaman yang ada di Kabupaten Bangkalan yang kurang dalam sarana prasarana desa.
Rombongan dari mahasiswa PENS telah berada di lokasi sejak hari Sabtu (22/11), dan dibuka bersama perwakilan warga dari Desa Katol Barat yaitu Bapak Ilham, yang juga merupakan pemilik Yayasan Darut Tauhid. Yayasan Darut Tauhid sendiri adalah yayasan pendidikan yang ada di Desa Katol Barat, yang membuka program pendidikan SMP dan SMA. Yayasan inilah yang menjadi rumah sementara untuk rombongan mahasiswa PENS salama berada di Desa Katol Barat.
Malam harinya, seluruh mahasiswa menyebar ke rumah-rumah warga untuk bersilaturrahmi sehingga mahasiswa dapat mengenal lebih dekat setiap warga yang ada di desa Katol Barat sambil mengingatkan acara-acara yang akan dilaksanakan pada hari Minggu (23/11). Pada saat itu tampak para warga sangat menyambut positif kegiatan Desa Binaan PENS ini.


 Pada hari kedua, kegiatan Desa Binaan PENS mulai aktif dilakukan. Dimulai dengan pembagian tempat sampah untuk fasilitas-fasilitas umum yang ada di desa Katol Barat, seperti sekolah-sekolah dan masjid. Selanjutnya karena minimnya penerangan pada malam hari di desa ini, maka dilkakukan pemasangan beberapa lampu di beberapa titik jalan. Setelah itu, seluruh mahasiswa bergotong royong bersama warga desa untuk membuat saluran air, dengan pemasangan pipa dari sumber air ke rumah-rumah warga.

Selain penerangan, memang masalah utama para warga di desa Katol Barat adalah air. Di desa ini hanya memiliki beberapa sumur untuk memenuhi kebutuhan air seluruh warga desa, dan kurangnya saluran air. Sehingga ada beberapa rumah warga yang masih memanfaatkan cara tradisional dengan tadah hujan guna mendapatkan air sebagai kebutuhannya.
Kegiatan berikutnya, mahasiswa PENS melakukan kunjungan ke MI Miftakhul Ulum desa Katol Barat. Meskipun pada hari libur, beberapa siswa dari MI Miftakhul Ulum tetap datang ke sekolah untuk menyambut kedatangan mahasiwa PENS.

"Saya sangat senang dan bangga dengan kedatanganmahasiswa dari Politeknik Elketronika Negeri Surabaya ke MI Miftakhul Ulum. Semoga anak-anak disini bisa menjadi lebih semangat belajar dan termotivasi untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi” ungkap Bapak Marzuki Fadli selaku kepala sekolah dari MI Miftakhul Ulum.
Tidak hanya itu, Bakti Desa PENS  juga memberikan Pelatihan Pengolahan Limbah Non Organik dan Pelatihan Menyulam untuk ibu-ibu dan remaja putri yang ada di desa Katol Barat. Pelatihan ini dipandu oleh Ibu Puji Astutik, yang merupakan seorang aktivis dibidang Sosial Masyarakat dari Surabaya.
“Ini adalah pengalaman pertama saya mengisi pelatihan di desa dengan kondisi seperti ini. Saya juga senang bisa berbagi pengetahuan dengan ibu-ibu dana remaja putri di desa Katol Barat. Mereka terlihat sangat antusias dan terampil” ujar Puji.
Serangkaian acara Desa Binaan PENS pun berakhir pada Minggu (23/11) sore. Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan bibit Pepaya oleh Jazilul Fawaid sebagai Ketua Pelaksana Desa Binaan PENS dan penyerahan vendel oleh Ribut Wahyudi selaku Presiden BEM PENS kepada Bapak Ilham selaku perwakilan warga dari Desa Katol Barat.
“Terimakasih kepada mahasiswa PENS untuk pengabdiannya selama dua hari ini. Terimakasih atas apa saja yang sudah diberikan, semoga dapat bermanfaat untuk desa kami” Ungkap Ilham.
Selanjutnya, setalah dua bulan dari serangkaian acara Desa Binaan PENS ini akan diadakan follow up untuk mengetahui perkembangan warga dari desa Katol Barat. (fby)

#repost dari http://bem.eepis-its.edu/index.php/post/12?title=Desa+Beinaan%2C+Kepedulian+PENS+Terhadap+Masyarakat

No comments:

Post a Comment

Follow Instagramku