Wednesday 10 April 2019

# Opini

Mengapa Saya Harus Nge-Blog?


Saya sudah mulai nge-blog sejak tahun 2013. Ada sekitar 130-an artikel yang telah saya terbitkan melalui blog saya sendiri. Ada yang pendek, sedang, dan panjang. Temanya pun beragam. Karena dari awal nge-blog saya tidak menentukan tema spesifik untuk blog saya. Apapun yang ingin saya tulis, saya tulis saja.


Dan sekarang saatnya saya menuliskan alasan mengapa saya harus nge-blog. Sebenarnya ini merupakan artikel tantangan dari kelas Nulis Yuk Batch 27. hehehe...

Saya pribadi memutuskan membuat blog pada tahun 2013 karena saya butuh tempat untuk menuangkan segala uneg-uneg perasaan dan pikiran saya, dan tentu saja ingin saya publikasikan. Sepertinya blog menjadi pilihan yang keren. Pada saat itu saya memandang orang yang menulis dan terpublikasi di internet itu keren. hehe... Karena setiap kali saya butuh informasi cepat, google selalu menjawab. Dan seringkali informasi yang disuguhkan google merupakan informasi yang telah ditulis oleh orang lain. Salah satu sumber informasi tersebut adalah dari para blogger. Sungguh berjasa para blogger yang telah menuliskan informasi-informasi penting dan cerita positif.

Saya sendiri tidak mau dong jika hanya menjadi pembaca. Sekecil apapun infonya, terkadang sangat dibutuhkan. Ketika saya menanyakan hal yang terkesan 'remeh' ternyata ada juga blogger yang menulis 'hal remeh' itu. Sebenarnya tidak bisa dikatakan remeh sih, buktinya saya sendiri tidak tahu itu apa. Bisa disimpulkan alasan  saya harus nge-blog adalah ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain dengan cara berbagi inspirasi dan informasi.

Manfaat nge-blog sangat banyak dan sudah banyak artikel yang membahasnya. Diantaranya yang paling umum adalah mengembangkan bakat menulis. Memang betul sekali. Bagi orang-orang yang gemar menulis, blog adalah tempat yang tepat. Memang banyak media sosial lain selain blog seperti instagram, twitter, facebook, tetapi blog menyuguhkan kolom yang lebih longgar untuk menguraikan segala gagasan kita. Sehingga kita bisa lebih leluasa untuk menuangkan tulisan yang panjang.

Dengan blog pribadi kita bisa bebas menerbitkan tulisan. Entah tulisan itu bagus atau tidak, semuanya bisa terbit. Berbeda bila kita menulis untuk media lain seperti kompasiana, mojok, dll, pasti akan melewati proses seleksi terlebih dahulu apakah tulisan kita sesuai dengan kriteria mereka. Oleh karena itu, mengapa kita harus nge-blog? jelas untuk mengasah keterampilan bakat kita dalam kepenulisan secara bebas.

Salah satu hal yang ingin saya lakukan terus-menerus hingga hari tua adalah membaca dan menulis. Dan blog memberi harapan pada saya. Kegiatan blogging bisa dilakukan dimanapun asalkan ada gadget dan internet. Suatu hal yang mudah kita dapatkan, bukan? Menerbitkan tulisan maupun membaca tulisan orang lain menjadi hal yang sangat menyenangkan. Sehingga nge-blog bisa menambah wawasan kita. Untuk membuat satu artikel saja paling tidak membutuhkan satu referensi dari sumber lain. Semakin banyak sumber maka akan semakin kaya kandungannya. Semakin banyak bacaan yang telah kita baca maka semakin menambah kepercayan diri dan kenyamanan saat menulisnya.

Dan jika kita beruntung, blog bisa menjadi peluang kita untuk menambah penghasilan. Melalui blog kita bisa beriklan atau mendapat iklan. Saat ini semua serba dicari  melalui internet. Sebelum seseorang memutuskan untuk membeli suatu produk, kebanyakan mereka akan membaca review produk tersebut di internet. Dengan tulisan review produk yang bagus tersebut bisa menarik perhatian pihak tertentu untuk mengajak kita kerjasama. Atau bisa juga karena tulisan-tulisan kita berkaitan dengan suatu produk, maka mereka tertarik untuk memasang iklan di blog kita dan tentu saja kita mendapatkan uang. menarik, bukan?

Tapi menurut saya, jangan jadikan uang sebagai tujuan utama, melainkan hanya bonus. Karena tulisan yang tulus dari hati akan sampai ke hati.

No comments:

Post a Comment

Follow Instagramku