Thursday 30 May 2019

# Buku

[Review Buku] Falsafah Ketuhanan Karya Buya Hamka

Falsafah Ketuhanan dan Ayat-ayat Semesta
Sumber gambar : Dokumen pribadi

Identitas Buku:
Judul Buku : Falsafah Ketuhanan
Penulis : Buya Hamka
Penerbit : Gema Insani
Jumlah halaman : viii+160
ISBN : 978-602-250-391-0

Buku ini menurut saya terbilang tipis. Meskipun tipis, tetapi isinya berat. Mungkin karena sebelumnya saya terbiasa membaca tulisan Ustad Salim A. Fillah dengan kekhasannya yaitu meskipun non-fiksi tetapi bersastra dan mengalir indah, sehingga ketika pertama kali membaca tulisan Buya Hamka saya merasa kaku dan berat hehe...

Meskipun saya merasa berat, tetap saya baca terus sedikit demi sedikit. Karena saya masih terus penasaran dengan pandangan Buya Hamka mengenai Falsafah Ketuhanan.

Dalam buku ini Buya Hamka mengajak pembaca untuk berpikir dan merenungi tentang keberadaan Allah. Sangat banyak bukti-bukti bahwa Allah itu ada. Bagi yang sudah mengimani bahwa Allah itu ada tanpa mau berpikir dan merenung, setelah membaca buku ini akan semakin yakin dan manggut-manggut meng-iya-kan bahwa Allah itu ada.

Di awal-awal bab Buya Hamka menjabarkan proses perkembangan akal dan pikiran manusia tentang Ketuhanan. Sejak manusia primitif (sederhana) sampai sekarang telah berganti-ganti apa yang dianggap mereka sebagai tuhan. Dari batu, pohon, gunung, rimba, kayu-kayuan, air, ikan, binatang, langit, bumi, matahari, hingga bulan. Hal itu semua yang mereka anggap sebagai tuhan, mempunyai alasan dan ceritanya sendiri-sendiri.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan hasil penyelidikan manusia, seharusnya semakin mendekatkan dan memperkuat keimanan. Bertambah tinggi perjalanan akal, bertambah banyak alat pengetahuan yang dipakai, pada akhirnya bertambah tinggi pulalah martabat iman dan Islam seseorang.

Nabi Muhammad pernah mengatakan:
"Agama ialah akal. Dan tidak ada agama pada orang yang tidak berakal"

Akal manusia memang terbatas terhadap hakikat tuhan. Tetapi melalui buku ini Buya Hamka mampu menyajikan contoh-contoh untuk menerangkan hakikat tuhan.

Buku ini sangat cocok jika disandingkan dengan buku Ayat-Ayat Semesta karya Agus Purwanto, yang menyingkap ayat-ayat dalam Alquran tentang semesta dan jagat raya.

Baca saja dua-duanya, maka keimanan dan kecintaanmu pada Alquran akan semakin mantap. Dan melelehkan hati merenungi keajaiban alam ini yang telah diciptakan Sang Maha Kuasa.

Selamat membaca! 

No comments:

Post a Comment

Follow Instagramku