Sunday 6 November 2016

# Opini

Kaya Bersama Alquran



Sahabat alquran, menjadi kaya itu mudah. Setiap orang, termauk kita, bisa meraihnya. Semiskin apapun kondisi kita, kita bisa menjadi seorang kaya. caranya? Ikuti saja apa kata Alquran.
Sumber gambar: google


Begitu banyak rahasia di dalam Alquran yang apabila kita mengetahui dan mengamalkannya, segala keinginan kita akan menjadi kenyataan, termasuk keinginan menjadi kaya. ada 7 rahasia Alquran yang bisa membuat kita menjadi kaya, tidak hanya kaya harta, tetapi uga kaya jiwa.

Rahasia yang pertama adalah taqwa, sesuai janji yang Maha Kuasa dalam surat At-Thaalaq ayat 2-3 yang artinya, “...Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan menyediakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya...:

Rahasia yang kedua adalah taubat. Sebagaimana janji Allah di dalam Alquran surat Nuh ayat 10-12 yang artinya “Maka Aku katakan kepada mereka, ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia Maha Pengampun, nicaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan megadakan untukmukebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai”.

Rahasia yang ketiga adalah tawakkal., sesuai janji Allah did alam surat At-thaalaq ayat 3 yang artinya, “Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah, nisacaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya, Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu”.

Rahasia yang keempat adalah syukur, sebagaimana janji Allah dalam surat Ibrahim ayat 7 yang artinya, “Dan (ingatlah) tatkala tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya, jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmatKu), maka sesungguhnya azabKu sangat pedih”.

Rahasia yang kelima adalah menikah, sebagaimana janji Allah dalam surat Annur ayat 32 yang artinya, “Dan kawinkanlah orang-orang yang sendiriandi antara kamu, dan orang-orang yang layak (kawin) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karuniaNya. Dan Allah Maha Luas (pemberianNya) lagi Maha Mengetahui”.
  
Rahasia yang keenam adalah silaturrahim. Silaturrahim juga menjadi salah satu sebabterealisasinya kita menjadi kaya. sebagaimana hadits Rasulullah SAW yang artinya, Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Barangsiaa yang seang untuk dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah menyambung silaturrahim”. (HR. Bukhori).

Rahasia yang ketujuh adalah sedekah, sebagaimana janji Allah dalam surat Al-baqoroh ayat 261 yang artinya, “perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji, Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karuniaNya) lagi Maha Menetahui.”

Sahabat Alquran, semoga tujuh rahasia kaya di atas, bisa semakin kita dalami arti dan penjelasannya dan akan melahirkan pemahaman yang baik sehingga meneguhkan semangat kita. Bahwa hanya bersama Allahlah kita bisa kaya. dan juga menjauhkan kita dari cara-cara yang tidak benar seperti meminta tolong kepada orang pintar untuk menggandakan hartanya. Wallahua’lam bishawab.






Referensi:
SQ (Sahabat keluarga Qurani) edisi 68. Tulisan dari Asfahani (Direktur Dompet Alquran Indonesia)

No comments:

Post a Comment

Follow Instagramku