Tuesday 5 August 2014

# Opini

KATA MEREKA UNTUK KAMU YANG KECEWA



Kata Ahmad Rifai Rifan, “ketika mengagumi siapapun, beri ruang dalam jiwamu untuk menerima kekurangannya. Semoga itu jadi obat jika kelak ada rasa kecewa. Karena tak ada manusia sempurna.”
Hey kamu yang lagi jatuh cinta, iyaa kamuu....bisakah kau pahami apa kata Ahmad Rifai Rif’an? Hmmm pasti sulit deh -_- Pernah kudengar bahwa, “pekerjaan sia-sia adalah menasehati orang yang sedang jatuh cinta”. Yaaaa.....ya, aku tahu, saat ini pasti kau sangat mengaguminya, sampai kau tidak bisa melihat sisi buruknya. Kata seorang teman, “kalau sedang jatuh hati, tahi bisa rasa coklat, tapi kalau sudah sakit hati, coklat jadi rasa tahi”. iiiih.... (maaf jorok bingit).
Kuharap, kamu yang lagi jatuh cinta bisa mencerna apa kata Ahmad Rifai Rif’an.
Untuk kamu yang terlambat mendengar kata-kata Ahmad Rifai Rif’an, kata bang Tere Liye seperti ini ”aku tahu apa artinya kesedihan, aku pernah mengalaminya. Percuma berdiri disini mengenang semuanya, sepanjang hari, sepanjang tahun, tidak akan membantu. Tidak ada yang bisa membantu selain waktu. Tetapi agar waktu berbaik hati, kita juga harus berbaik hati padanya, dengan menyibukkan diri. Sendiri hanya mengundang rasa sesal. Sepi hanya mengundang lipatan-lipatan kesedihan lainnya.”
Pernah kubercerita pada ibu atas sikap seseorang, Ibuku melarangku untuk membencinya. Juga melarangku sakit hati kerenanya. Maafkan saja katanya.
Sebenarnya, memaafkan itu bukan untuk orang lain. Tapi untuk kita sendiri. Karena kita punya hati.
Kata guruku, jangan membenci orangnya, tapi cukup bencilah sikap buruknya.
Hmm, mungkin kamu bukan benci, tapi hanya kecewa. Kalau kecewa gimana?
Kutemukan dalam tulisan bang tere liye bahwa “seluruh air di samudera lautan tidak bisa menenggelamkan sebuah perahu kecil, jika airnya tidak masuk ke dalam perahu tersebut. Maka, seluruh kesedihan, kegundahan, beban hidup di dunia ini tidak bisa menenggelamkan hati kita, kecuali kita membiarkannya masuk ke dalam hati kita sendiri.”
Kata masgun, kita harus mengalami. Jika kamu memang kecewa, berarti kamu harus mengalami kecewa, agar kamu tahu rasanya dikecewakan, agar kamu tidak mengecewakan orang.

No comments:

Post a Comment

Follow Instagramku