Wednesday 15 May 2019

# Opini

4 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Follow Akun di Instagram


Percaya atau tidak, lingkungan dan teman-teman adalah salah dua faktor yang sangat mempengaruhi akhlak kita. Kalau lingkungan dan teman-teman kita kurang baik, bisa jadi akan mengubah diri kita menjadi kurang baik juga. Kecuali diri kita sangat teguh pendirian dan mempunyai visi berdakwah, maka itu adalah kesempatan mengubah lingkungan dan teman-teman yang kurang baik menjadi lebih baik. Tapi kalau tidak kuat, mending mundur dan cari lingkungan yang lebih baik saja.

Begitu juga kehidupan di dunia maya, hampir sama dengan dunia nyata. Siapa yang kita follow di instagram besar kemungkinan akan mempengaruhi kehidupan kita. Setidaknya ada 4 hal yang harus kamu perhatikan saat memutuskan follow akun instagram:

1. Kebermanfaatan Captionnya
Penting banget memperhatikan caption yang ditulis oleh netizen. kalau captionnya mengandung ujaran kebencian, ghibah, keluhan, tidak usah lama-lama ambil keputusan, langsung unfoll saja ya. Kamu perlu energi positif dari sekitarmu, kalau sekitarmu terus saja mengeluh, hidup kamu akan semakin terasa sumpek. Hidup sudah sumpek jangan ditambah dengan kesumpekan lain.

Apalagi akun gosip, berita yang belum tentu kebenarannya jangan ikut-ikut membahasnya apalagi membagikannya ulang. Hati-hati pahalamu hilang sia-sia.

2. Sesuai hobimu
Jika kamu hobi menulis, maka wajib banget follow akun-akun yang berkaitan dengan kepenulisan. Dari situ kamu akan mendapat wawasan tentang kepenulisan dan info lomba menulis. Sehingga bakatmu akan semakin terasah. Begitu juga dengan hobi yang lain.  

3. Berita
Bermain medsos selain untuk bersosialisasi, juga untuk mendapatkan info terupdate. Jangan sampai kamu kudet tentang info-info terkini gara-gara yang kamu follow kurang bermanfaat. Tapi kamu harus teliti ya mana akun berita terpercaya dan mana yang hoax. Lebih baik follow akun berita yang sudah terpercaya kebenarannya seperti jawapos.

4. Aktivis atau influencer positif
Penting banget lho follow para aktivis itu. Mulai dari aktivis yang bergerak di bidang sosial, lingkungan, kesehatan, sampai politik. Mereka biasanya mempunyai gagasan-gagasan atau gerakan yang dibagikan di postingannya. Buat kamu-kamu yang peduli tapi bukan tipe penggerak, harus banget follow para penggerak tersebut. Gagasan-gagasan positif dari mereka bisa kamu dukung. Dengan begitu, kamu juga telah berkontribusi dalam kebaikan.

Dan jangan asal follow influencer. Pilih influencer yang menebar kebaikan, yang tidak hanya pamer fashion dan kekayaan. 

Kalau kalian follow aku karena apa ya?  semoga dapat manfaatnya ya 

2 comments:

  1. Yup bener banget, aku sendiri ga sembarang follow sekalipun orang itu aku kenal. Bukan aku sombong tapi aku juga liat isi dari instagram yang aku follow:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Betul banget. Kita punya hak untuk menentukan siapa yang akan kita follow. Hehe...

      Delete

Follow Instagramku