Monday 15 May 2017

# Buku

Buah-buahan Surga yang Menyehatkan

Buku Apotek Rabbani
Assalamu’alaykum, Sahabat…
Sudah lama sekali tidak menyapa sahabat semua di blog ini (memangnya ada yang disapa? hihihi)
Kali ini saya ingin membagikan sedikiiiit bagian dari sebuah buku berjudul Apotek Rabbani. Dalam buku karya Siti Zumrotus Sa’adah, eh kayak nama saya ya, hehe semoga Dwi Putri Miftahus Sa’adah bisa menerbitkan satu bukuuuuu aja sekali seumur hidup :D

Jadi, bagian bab yang ingin saya bagikan disini kepada sahabat yang tidak atau belum berkesempatan membaca bukunya adalah tentang Buah-buahan Surga yang menyehatkan.  Apa saja itu? Simak ya…
Yang pertama adalah labu.
Mari kita mengingat kembali kisah Nabi Yunus yang ditelan oleh ikan paus. Dengan kuasa Illahi , Nabi Yunus berhasil keluar dan dimuntahkan oleh ikan paus tersebut dan akhirnya terdampar di tepi pantai. Dari perut ikan paus yang begitu sempit, Nabi Yunus dilemparkan ke tepi pantai dalam keadaan lemas, lemah, dan tak berdaya.
Kuasa illahi dan kasih sayangNya menyelimuti diri Nabi Yunus sehingga Allah menumbuhkan pohon labu di tepi pantai . Labu adalah buah yang telah dimuliakan Allah, yang dipilih olehNya sebagai penjaga keamanan hamba yang disayangi itu. Dengan daunnya yang begitu lebar, membuat Nabi Yunus terlindungi dari panas matahari dan kuatnya terpaan angin.
Buah labu juga memiliki kedudukan khusus di hati Nabi Muhammad SAW. Karena beliau sangat menyukainya dan sering memakannya. Bahkan beliau menyarankan keluarganya untuk mengonsumsinya karena seperti yang beliau katakan bahwa “ia bisa menghibur hati yang sedih”. Dengan keistimewaan inilah kita mungkin menafsiri ayat-ayat dijadikannya pohon ini sebagai peindung Nabi Yunus.
Bukan itu saja, dalam thibun nabawi disebutkan, Aisyah juga pernah bercerita bahwa Rasululllah pernah bersabda, “jika kalian memasak sayur, perbanyaklah labunya karena ia dapat menghibur hati yang sedih”.
Lalu, bagaimana bisa sebuah sayuran membuat hati gembira? Ibu Siti Zumrotus Sa’adah menjelaskan dalam bukunya, bahwa cahaya Allah akan selalu memancarka sinarnya dan kenyataan akan selalu membuktikan kebenaran sabdaNya.
Kebenaran itu tampak pada penelitian ilmu gizi mutakhir yang menyebutkan bahwa buah labu mengandung vitamin A dan B, kedua vitamin itu sangat berperan penting dalam perawatan kulit dan kesehatan saraf, terutama menjaga penglihatan. Di dalamnya terdapat lisin dan terosin. Ditambah lagi menambah protein, karbohidrat, dan zat besi.
Begitulah isi buku Apotek Rabbani yang membahas buah Labu merupakan salah satu buah surge. Tetapi sayangnya dalam buku itu tidak disertakan ayat alquran ataupun hadits secara jelas. Wallahua’lam bis shawab.
Lalu buah apalagi yang termasuk buah surga?
Yang kedua adalah anggur. Ini dijelaskan dalam Alquran surat Yasin ayat 33-35. Dibagian kedua ini dalam buku tersebut juga dijelaskan, selain anggur Nabi Muhammad juga sangat menyuki buah semangka.
Buah surga yang ketiga adalah delima. Dasarnya adalah Q.S. Arrahman ayat 68 yang berbunyi “Di dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima.
Buah surga selanjutnya adalah kurma. Buah ini sangat akrab dengan kita saat bulan Ramadhan ya? Kalau bisa meskipun di luar bulan Ramadhan kita harus mengonsumsinya, karena khasiatnya yang begitu banyak. Bisa dibilang kurm adalah obat yang terasa manis. Hmmmm yummmii… hehe…
Dan yang terakhir dijelaskan oleh ibu Siti Zumrotus Sa’adah dalam bukunya adalah buah Zaitun. Sabda Nabi yang diriwayatkan oleh Turmudzi no. 1774 berbunyi “makanlah zaitun dan lulurkanlah pada tubuh, sesungguhnya ia berasal dari pohon yang berkah”.

Terima kasih sahabat sudah menyempatkan membaca sedikit ulasan saya dari buku Apotek Rabbani. Semoga bermanfaat yaa…

No comments:

Post a Comment

Follow Instagramku