Wednesday 19 February 2014

# cerita

SMILE PROJECT

Smile project merupakan suatu kegiatan pengabdian masyarakat, kerjasama antara PENS dengan PNU(Pusan National University)-Korea. Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat desa Ngadirejo, kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Beruntung saya mempunyai kesempatan mengikuti kegiatan ini. Artinya saya mempunyai kesempatan untuk menjalankan salah satu peran dan fungsi mahasiswa, yaitu mengabdi kepada masyarakat.
Project utama dari smile project adalah memasang sel surya di beberapa titik desa ngadirejo. Selain itu, kami juga memasang penerangan jalan, dan membenahi kekurangan-kekurangan yang ada di rumah warga. Seperti memasang selot pintu, mangganti lampu yang sudah redup, memasang air cap pada jendela, dan membenahi tembok-tembok yang retak. Hal-hal sepele seperti itu merupakan suatu hal yang penting.
Dari korea ada 5 mahasiswa, mereka adalah Co Deok, Gyu Ha, Lazaro atau Hwan, dan Namai sebagai engineer, sedangkan Dong Gun Ha sebagai anggota tim multimedia.  Sedangkan dari Indonesia ada Doni, Irfan, Dudin, Fani, dan Dwi (saya) sebagai engineer, Sedangkan Roma, Iqbal, Ozie, dan Ade adalah tim multimedia. Kita terbagi menjadi 3 kelompok, 2 tim sebagai engineer yang akan memasang sel surya dan project lainnya. Dan 1 tim sebagai  tim multimedia yaitu yang bertugas mendokumentasikan segala kegiatan SMILE PROJECT.
setelah memasang sel surya


Pada malam terakhir di desa Ngadirejo, kami menggelar festival. Kami mengundang seluruh warga untuk bersama-sama menikmati malam yang bahagia. Kami menonton film dokumenter dari kegiatan SMILE PROJECT, minum teh korea, mencoba nail art (seni kuku), bernyanyi, berfoto, dan banyak lagi lainnya.

festival

Setelah misi di desa Ngadirejo selesai, kami berkesempatan berkunjung ke gunung Bromo sebelum kembali ke Surabaya. Di Surabaya kami juga mengunjungi monumen kapal selam dan tempat-tempat menarik lainnya
gunung bromo

full team di bukit teetubbies

di dalam kapal selam
tak terasa 1 minggu bersama-sama, waktunya kita berpisah. semoga kita bertemu di lain kesempatan. see you, guys.....

No comments:

Post a Comment

Follow Instagramku