Wednesday 15 August 2018

# tips & trik

Tahun Ini Masih Qurban Perasaan?



Idul Adha sudah semakin dekat, apakah kamu sudah siap makan sate? Wkwk… bukan bukan, maksud saya apakah hewan qurban kita sudah siap? Atau jangan-jangan cuma qurban perasaan?


Perintah berqurban terdapat dalam Quran surat Al-Kautsar ayat 2, “Maka sholatlah engkau karena Tuhanmu dan Berqurbanlah”, juga dalam surat yang lain, tapi saya hafalnya ini aja. Hehe…

Berqurban pada hakikatnya adalah bentuk pengabdian dan kepasrahan seorang hamba dalam melaksanakan perintah Allah Swt. Pahala dan hikmah yang bisa diperoleh dari berqurban hanya orang-orang yang bertakwa  serta ikhlas sajalah yang akan memperolehnya dan diterima qurbannya.

Pada dasarnya semua akan mampu berqurban jika ada kemauan yang sangat keras. Sama seperti ibadah haji. Tidak semua orang yang berangkat haji adalah orang yang ekonominya berlebih. Kerap kali kita mendengar berita di TV, ada beberapa jamaah haji yang berasal dari golongan kurang mampu, hidup serba pas-pasan, tetapi Allah memampukan mereka untuk berangkat haji. Asalkan ada kemauan yang keras dari orangnya.

Kembali lagi ke soal qurban, minimal, sudah adakah keinginan atau niat dari lubuk hati terdalam kita untuk berqurban? Saya yakin semua orang Islam ada keinginan.

Lalu, apa yang sudah kita lakukan untuk mewujudkan keinginan tersebut?

Mungkin sangat berat bagi orang yang hartanya pas-pasan untuk mengeluarkan biaya satu kambing sekaligus pada saat idul Adha. Maka salah satu tips dan trik yang harus dilakukan adalah me-na-bung.

Biar tabungan qurbanmu tidak lenyap, lenyap entah kemana, ke olshop, ke tukang bakso, ke kuota internet, atau yang lainnya, alangkah baiknya kalau ikut tabungan qurban di lembaga amal, Lazismu atau BMH misalnya. Kita bisa menabung tiap bulan, semampu kita, dan tidak mungkin juga uangnya kita ‘untit’ buat jajan. Hehe…jadi insyaallah aman. (kalian paham ‘untit’ maksud saya kan?)

Lembaga amal tersebut biasanya tidak menentukan nominal per bulannya, semampu dan sesuka kita agar tidak memberatkan. Tetapi alangkah baiknya kita mempunyai target. Contoh, harga kambing 2,5 juta, jika kita menabung tiap bulan dalam setahun maka per bulan kita harus setor sekitar 200 ribu. Jika 200 ribu masih berat, boleh lah 100ribu per bulan. Berarti 2 tahun sekali kita qurban. Insyaallah niat baik, ikhtiar baik, sudah bernilai kebaikan. Maka tiap bulan kita sudah berqurban. Men-qurban-kan uang jajan kita. Ya ndak? Iyaaa…

Kalau tahun ini masih qurban perasaan, semoga tahun depan bisa qurban onta, eh kambing atau sapi aja dah. Di Indonesia kayaknya gak ada yang qurban unta juga. Yuk ah, buruan hubungi lembaga amal yang kamu percayai. Bulatkan tekad tiap bulan harus nabung, insyaallah Allah akan menolong umatnya yang berniat dalam kebaikan.

FYI:
Bisa cari informasi di instagram @bmh_jatim @lazismupusat atau @lazismu_sby



Sumber gambar : Rumaysho.com

No comments:

Post a Comment

Follow Instagramku