Saturday 10 May 2014

# Opini

KUBERSYUKUR PUNYA IBU SEPERTI IBUK



Ibuk, kangen rasanya saat diri ini sedang berada di perantauan untuk menuntut ilmu. Aku capek, lelah, bahkan untuk mengurus diri sendiri saja nggak becus, Buk. Nggak bisa ngontrol makan, makan pun sembarangan. Jadi ya gini, rasanya pilekku semakin parah saja. Itu dia Es. Susah buk cara ngehindarinya, Surabaya panas banget. Nggak ada yang ngawasi ya maen trobos saja, maaf. Makan kurang sayur, jarang makan buah, padahal tiap minggu sudah ada stok buah dari rumah, tapi males rasanya. jadi pencernaan nggak sehat kayak gini. Duh…
Mau nikah muda jadi kepikiran, hehehe… ngurus diri sendiri saja kayak gini, gimana mau ngurus anak dan suami? Hehehe….
Gimana buk cara menjadi ibu yang baik?
selalu ingin jadi ibu kayak ibuk. ibuk yang bersih, nggak suka ada yang kotor di rumah. Ibuk yang nggak suka sprei kusut-sedikitpun. nggak suka lihat baju-baju kotor di kamar mandi. Bak cuci sepertinya sangat akrab dengan tanganmu.
Dari pagi sudah di dapur, nyiapain makan untuk keluarga. Tapi ibuk selalu makan terakhir, nunggu anak-anak dan suamimu makan dulu. Selalu saja kau menolak jika sepotong ikan kubagi dua denganmu. Selalu kau beri utuh padaku. “terus sampean maem apa?”. “ada”, pasti itu jawabnmu.
Selalu menanyakan kabar anak-anakmu,setiap hari. Dua hari nggak sms pun ibuk yang minta maaf. Seharusnya saya yang minta maaf, buk.
Uang arisan pun tidak pernah ibuk nikmatin sendiri, selalu kau berikan untuk anak-anakmu. Padahal itu hasil tabungan ibuk.
Rasanya tak akan pernah sanggup untuk membalas itu semua padamu, buk.
Kata bapak “tiruen ibukmu, ibukmu itu sederhana”. Kesederhanaan ibuk sungguh istimewa. Sulit lho buk jadi orang seperti itu. Tidak pernah menuntut macam-macam dari bapak. Untuk bapak, wajib bersyukur lho punya istri kayak ibuk. Ibuk bukan ibu yang menuntut perhiasan lengkap dari ujung kaki hingga rambut. Tidak pernah meminta baju baru, bahkan pada hari raya sekalipun. Intinya, sederhana.
Terima kasih, ya Allah…saya bersyukur punya ibu yang seperti ibuk.

No comments:

Post a Comment

Follow Instagramku