Friday 14 November 2014

# cerita

SLICE



SLICE (Service Learning In Computer Engineering) merupakan program baru dari teknik komputer PENS. Adanya sebuah wacana bahwa kurikulum baru teknik komputer tahun depan yakni seluruh mahasiswa wajib melaksanakan pengabdian masyarakat adalah yang mendasari kegiatan ini. Sehingga perlu diadakan semacam uji coba sebagai dasar dan bahan evaluasi penyusunan kegiatan tersebut. Pada awalnya dibuka sebuah pendaftaran untuk seluruh mahasiswa tekkom semester 3 dan 5. Setelah proses pengumpulan Curicullum vitae dan presentasi ide kreatif diperolehlah 6 mahasiswa sebagai the first volunteer of SLICE, mereka adalah Ardi, Amin, Buyung, Shella, Ool dan saya sendiri.
member of SLICE



 Lagi-lagi saya beruntung setelah keberuntungan saya bisa mengikuti SMILE PROJECT, semacam pengabdian masyarakat juga. Saya selalu berusaha memanfaatkan kesempatan yang ada. Karena selagi masih muda, bisa dikatakan selagi masih menjadi mahasiswa, saya harus mengikuti kegitan semacam ini yang belum tentu ada bila saya sudah bekerja atau berumah tangga nantinya.
            Sasaran dari kegiatan SLICE adalah desa Bumiaji, kota Batu, Malang. Kegiatan ini dimulai dari Sabtu-Minggu, 1-2 November 2014. Selama dua hari tersebut kami menginap di rumah pak Prapto, penduduk setempat, untuk melakukan finding local issue ke sekolah SDN Tulungrejo 4. Kita berkunjung dengan membawa ballon art dan origami. hal itu kami lakukan sebagai media pendekatan kepada siswa SDN Tulungrejo 4. Kita bermain bersama, mencoba mengajak ngobrol mereka, dan mencoba mengambil hati mereka.
balon art

suasana diskusi
Suhu dingin desa Bumiaji tidak menghalangi semangat kami untuk beraktivitas. Pada malam harinya, kami berdiskusi untuk membahas beberapa issue yang telah ditemukan. Kami mencoba menganalisa issue apa yang paling dibutuhkan untuk diselelesaikan dan yang visible untuk dikerjakan. Setelah bertukar pikiran dan pendapat, ditemukanlah ide membuat media pembelajaran. Ide tersebut lahir untuk menyelesaikan issue kurangnya tenaga pengajar dan ruang kelas di SDN Tulungrejo 4. Oleh karena itu siswanya harus bisa belajar mandiri, salah satunya dengan sebuah permainan.
            Setelah menemukan ide, esoknya kami kembali ke kampus untuk mengerjakan dan menyiapkan semuanya. Dan kami kembali lagi ke des Buiaji untuk installing product pada tanggal 6-8 November 2014.
            See you bumiaji.

No comments:

Post a Comment

Follow Instagramku