Tuesday 12 March 2019

# tips & trik

Ketika Pulang


Menjadi anak perantauan yang bekerja jauh dari keluarga, pulang kampung menjadi waktu yang sangat dinantikan.
Menelan rindu demi mengejar impian sudah menjadi makanan biasa. Karena memang hidup tak melulu soal rindu, ada tanggung jawab yang harus diselesaikan.

Pulang ke kampung halaman hendaknya menciptakan kesan bagi orang di rumah. Tidak harus dengan membawa oleh-oleh barang mahal. Karena tidak semuanya bisa diukur dengan harga.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat pulang ke kampung halaman:

1. Membawa oleh-oleh
Ada rasa bahagia luar biasa ketika pulang kampung bisa membawa oleh-oleh jajan kesukaan keluarga. Meskipun sebenarnya orang tua tidak mengharapkan apa-apa. Cukup melihat anaknya sehat dan datang mengunjungi rumah sudah menjadi kado istimewa. Tapi tidak ada salahnya jika kita pulang dengan membawakan kedelai edamame kesukaan ibu kita atau tape singkong kesukaan bapak kita.

2. Bersih-bersih rumah
Berhari-hari atau berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan di tanah rantau rasanya ingin bersantai ria saja di rumah. Meskipun orang tua tidak membebani pekerjaan rumah pada anaknya, tidak ada salahnya jika kita sedikit membantu orang tua. Apalagi yang di rumah tidak mempunyai asisten rumah tangga. Minimal mencuci piring bekas makan kita sendiri. Bisa juga menyapu teras rumah. Atau benahin rumah yang sedang bermasalah, benerin genteng bocor mungkin? Meskipun terlihat sepeleh, hal itu akan membahagiakan orang tua. Karena kepulanganmu sungguh membawa manfaat. Agar ada atau tidak adanya dirimu di rumah itu ada bedanya. Paham kan maksudku?

3. Menemani Ibu ke Pasar
Tidak harus mengajak jalan-jalan ke wahana wisata, cukup mengantar ibu ke pasar pastilah sudah sangat membahagiakan. Diperjalanan kita bisa ngobrol-ngobrol tentang banyak hal.

4. Quality time
Habiskan waktu untuk ngobrol dengan keluarga. Jangan main hp di kamar seharian. Temanilah ibu di dapur. Meskipun gak bantu masak tapi dengan di sampingnya saja bisa menciptakan kebersamaan yang berharga. Sambil icip-icip tempe goreng hangat yang baru diangkat dari wajan. Sungguh gurih dan renyah.

5. Bermanja dan Memanjakan
Bolehlah sesekali bermanja. Tidak niat untuk bermanja, tapi demi menciptakan keromantisan. Misalnya minta tolong sisirkan rambut panjang kita. Atau kita yang memanjakan ibu kita dengan pijit-pijit ringan.

Kepulanganmu yang singkat jadikan moment berharga untuk orang tua.

No comments:

Post a Comment

Follow Instagramku